Jumat, 28 Agustus 2009

Google Sediakan Penerjemah Untuk Anda
Aplikasi akan mendeteksi secara otomatis dalam bahasa apa dokumen yang dibuka dibuat.
Google Docs, aplikasi kerja online gratis dari Google (google.com)

VIVAnews - Google terus menambahkan fitur penerjemah pada produk-produknya. Kamis kemarin, giliran Google Docs yang mendapat fasilitas tersebut. Kini pengguna bisa melakukan terjemahan langsung dalam 42 bahasa yang didukung.

Fitur baru itu tersedia di menu Settings. Ia memiliki kemampuan mendeteksi secara otomatis dalam bahasa apa dokumen aslinya ditulis. Kemudian ia bisa membuka versi terjemahannya di jendela baru, memungkinkan penggunanya membandingkan dan menelaahnya secara bersamaan. Dengan demikian, mengoreksi kesalah terjemahaan dapat dilakukan secara lebih mudah. Versi baru ini juga bisa menggantikan dokumen asli atau juga disimpan sebagai kopi yang baru (save a copy).

Selama enam bulan terakhir, seperti VIVAnews kutip dari Cnet, 28 Agustus 2009, Google sibuk memasukkan fitur penerjemah pada produk-produknya seperti Gmail dan layanan Friend Connect.

Khusus untuk Gmail, pengguna bisa menerjemahkan seluruh pesan ke dalam bahasa yang didukung oleh Google Translate. Meski begitu fitur ini sebelumnya harus diaktifkan di menu setting Gmail Labs.

Adapun implementasi terjemahan di Friend Connect sedikit lebih menarik, karena aplikasi itu bisa menyatukan bahasa di setiap thread komentar, tanpa mempedulikan berapa banyak bahsa yang digunakan user saat menulis komentar.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar