Minggu, 02 Agustus 2009

Tips Memilih Subwoofer

Lain halnya dengan subwoofer pasif yang tidak bisa berdiri sendiri, subwoofer aktif tidak memerlukan lagi amplifier untuk agar dia bersuara.

Subwoofer aktif (Sub Aktif) adalah sebuah subwoofer yang sudah dilengkapi box serta amplifier, dan saat ini sub aktif banyak modelnya, ada yang berbentuk tabung, box kotak dan yang tipis. Dari keseluruhannya ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih ataupun saat ingin menggunakan sub aktif seperti ini, yaitu :

1. Subwoofer aktif dengan ukuran diameter besar dan box besar lebih bisa mengeluarkan gebukan bass yang lebih baik dibanding sub aktif yang berukuran tipis dan kecil yang bisa diletakkan dibawah jok mobil. Namun untuk efisiensi tempat, sebaiknya memilih sub aktif yang tipis sehingga bisa diletakkan dibawah jok, jenis seperti ini juga sudah cukup baik kualitasnya untuk harian dan saat ini peminatnya sudah sangat banyak karena desainnya simpel.
2. Pilih sub aktif yang daya outputnya besar jika menginginkan suara bass yang lebih kuat.
3. Penempatannya (Placement) di dalam mobil juga harus tepat karena jika tidak, suara bass bisa-bisa tidak terdengar fokus hingga ke depan, karena biasanya amplifier bawaan dari sub aktif memiliki daya amplifier yang tidak terlalu besar dan fitur yang masih minim.
Jadi subwoofer aktif lebih sesuai untuk orang yang hanya lebih berprioritas pada kemudahan instalasi dan placement di mobil dibandingkan kualitas suara, sedangkan subwoofer pasif sangat cocok buat orang yang memprioritaskan sebuah kualitas suara bass (low frekuensi).

Dalam memilih subwoofer, apapun jenisnya sebaiknya mencari informasi lebih tentang kualitas subwoofer dari beberapa orang atau teman yang telah berpengalaman dalam bidang audio mobil, seperti instalatur audio. Karena kualitas suara juga tidak bisa ditentukan sepenuhnya melalui spesifikasi teknis pada subwoofer, soal selera juga sangat berpengaruh, oleh sebab itu mendengarkan kualitas suaranya secara langsung akan lebih baik.

1 komentar:

  1. hambatan dari subwoofer berpengaruh pada apanya ya bos? kalo dengan daya output sub yang sama lebih baik hambatanya kecil ato yang besar?

    BalasHapus