Minggu, 02 Agustus 2009

Hormati Orang Lain Ketika Mengemudi

Tidak hanya dalam aktifitas biasa kita menjaga sopan santun, tetapi ketika kita berkendara juga harus ada etika sopan santun yang di junjung agar tercipta suasana yang harmonis ketika berkendara. Selain itu akan terjalin kenyamanan dan keselamatan yang terjaga bersama artinya dapat menghindari kecelakaan yang fatal.

Ketika Anda ingin mendahului mobil di depan Anda, pastikan kondisi jalan sudah kondusif dan memungkinkan Anda mendahului mobil didepan, dan salah satu etikanya berilah tanda kepada pengendara lain agar mereka tidak merasa kesal dan terkejut dengan gerakan mobil yang kita kendalikan.

CekLagi.com memberikan 10 kriteria etika dalam berkendara khususnya ketika hendak mendahulu mobil di depan kita.

1. Lihat lajur kanan, pastikan keamanan pada lajur kanan untuk Anda mendahului
2. Perhatikan lampu sen kanan mobil yang hendak kita dahului. Bila lampu sen-nya juga berkedap-kedip, tunda dulu niat mendahului. Bisa jadi sen itu tanda bahwa ada kendaraan dari arah berlawanan, atau mobil di depan hendak membelok ke kanan atau bahkan menyalip kendaraan di depannya.
3. Perhatikan mobil di belakang kita, gunakan spion untuk memonitor.
4. Gunakanlah gigi rendah (turunkan 1 level lebih rendah) agar torsi maksimum kendaraan lebih tercapai sehingga akselerasi kendaraan lebih cepat.
5. Perhatikan kondisi jalan dan medan untuk menyalip, Jangan menyalip di medan yang menanjak atau ketika mobil akan memasuki tikungan.
6. Perhatikan kendaraan lain dibelakang yang ikut bersama Anda mendahului mobil. atur jarak dan jangan buru-buru menurunkan kecepatan karena kendaraan yang ikut mendahului butuh ruang untuk masuk lajur kiri.
7. Jangan menyalip dari kiri, hormati juga dan beri kesempatan kepada mereka, karena lajur kiri biasanya digunakan oleh para pejalan kaki, pedagang, atau kendaraan yang sedang berhenti.
8. Hindari menyalakan klakson yang berlebihan dan menyalakan lampu jauh yang dapat memancing emosi pengendara di depan kita.
9. Waspada terhadap kendaraan lain terutama kendaraan roda dua.
10. Tumbuhkan rasa toleransi yang tinggi bila ada kendaraan lain yang minta diberi kesempatan buat mendahului.

Semoga bermanfaat untuk anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar